jump to navigation

IBADAH August 19, 2008

Posted by febrioekaputra in Agama.
trackback


Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.QS.51:56)

Allah swt. sebagai Khaliq pencipta manusia telah menetapkan bahwa tujuan hidup manusia kedunia ini adalah untuk beribadat. Ibadat dapat dibagi kepada dua:.

Pertama ibadat mahdhah atau ibadat ritual atau formal, atau ibadat dalam arti terbatas adalah ibadat yang telah diatur oleh Allah swt. dan Rasul saw. tatacara pelaksanaanya, waktunya dan lain lain. Perinsip ibadah mahdhah: Semua tidak boleh dilakukan, kacuali yang ada perintahnya,(dari Allah & Rasul) atau contohnya dari Rasululah saw.Karena itu ibadah mahdhah tidak boleh ditambah, dikurangi atau dimodifikasi sedikitpun.

Kedua, ibadah muamalah,yaitu ibadat dalam arti luas, adalah semua perkataan dan perbuatan yang diredhai Allah swt. dengan niat untuk mengharap redha-Nya., dan dikerjkakan dengan cara yang diredhai-Nya..Makan dan minum adalah ibadah, kalau yang dimakan dan diminum itu adalah sesuatu yang halal (diredhai Allah), dan didapatkan dengan cara yang diredhai Allah (bukan uang riba atau hasil curian atau korupsi).
Berdagang adalah ibadah, kalau yang kita perdagangkan itu adalah suatu yang halal, tidak haram dan tidak najis, dan dilaksanakan dengan tatacara yang sesuai dengan ketentuan hukum Allah, tidak riba, tidak menipu, tidak spekulasi dan lain lain.
Bekerja dikantor pemerintah,swasta, perusahaan, perkebunan dan lain-lain adalah ibadah, jika dalam pekerjaan tersebut tidak dicampuri dengan hal-hal yang dilarang Allah swt. dan Rasul saw..Perinsip dalam ibadah mu’amalah adalah: Semua boleh dikerjakan asal tidak ada larangan dari syari’ah.
Dengan demikian seorang mukmin dituntut untuk mengisi kehidupan mereka sepenuhnya dengan aktifitas yang mempunyai nilai ibadah agar mendapatkan redha Allah swt.,bahagia lahir dan batin, dunia dan akhirat.Karena itulah setiap shalat seorang mukmin senantiasa berikrar:

Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.(QS.6:162)
Moto hidup seorang mukmin adalah:”Hidup adalah ibadah,tiada waktu tanpa ibadah. HSI.IIBS.150507..

Oleh ; Ustad Dr. H. Suhairy Ilyas, MA

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: